LAPORAN AKHIR YANG
PENTING
Manfaat Mikronutrisi ganda dan Formulasi Asam Amino (Liqua
Health®) terhadap gizi dan kesehatan pada anak-anak usia
pra-sekolah yang kekurangan gizi.
 |
| Mr. CL Mbakaya |
- |
KEMRI |
| Dr. JP Malliris |
- |
RE-VITA |
| Nyakundi |
- |
KEMRI |
| Dr. DK Koech |
- |
KEMRI |
| Dr. RO Muga |
- |
MoH |
| Dr. J. Muttungi |
- |
DoD |
| Dr. S. Mpoke |
- |
KEMRI |
| Mr. E. Muniu |
- |
KEMRI |
| Mr. BO Omondi |
- |
KEMRI |
| Mrs. F King'ori |
- |
KEMRI |
| Dr. DL Mwaniki |
- |
KEMRI |
Kerjasama
Organisasi
Institut Riset Pengobatan, Kenya
Departemen Kesehatan, Kenya
Departemen Pertahanan, Kenya
Re-Vita Manufacturing Co. Inc, USA
|
Hasil Yang Menakjubkan Dari Penelitian di Afrika
Liqua Health (makanan bergizi lengkap) Re-Vita terbukti dapat
meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi kekurangan
gizi dan anemia (kurang darah). Seperti yang dapat anda bayangkan,
kami sangat bangga dengan produk kami, yang dapat memberikan
manfaat bagi tubuh anda. Berikut ini adalah kesimpulan akhir
dari penelitian yang dilakukan selama setahun di Kenya, Afrika.
Organisasi-organisasi yang turut bekerjasama dalam penelitian
ini adalah Institut Riset Pengobatan Kenya (KEMRI), Departemen
Kesehatan Kenya, Departemen Pertahanan Kenya dan Re-Vita Manufacturing,
Co.
Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan manfaat Liqua
Health (makanan bergizi lengkap) Re-Vita terhadap balita berumur
antara 6 bulan sampai 5 tahun yang kesehatannya mudah terganggu.
Dalam waktu 2 bulan penelitian, sejumlah subjek penelitian
melaporkan bahwa selama dalam perawatan medis itu, setengah
dari mereka menjadi sembuh. Dari fokus diskusi kelompok dan
wawancara dengan para orang tua menunjukkan bahwa kebanyakan
anak-anak mereka menjadi jarang sakit, dan nafsu makan meningkat
sehingga pertumbuhan tubuh menjadi lebih baik.
 |
|
Kesimpulan
Penelitian Manfaat Mikronutrisi ganda atau Formulasi
Asam Amino (Liqua Health®) terhadap gizi dan kesehatan
pada anak-anak usia pra-sekolah yang kekurangan gizi.
Penemuan-penemuan selama 28 minggu pertama menunjukkan
bahwa dengan mengkonsumsi Liqua Health (Makanan bergizi
lengkap) terjadi penyembuhan pada penderita anemia ringan
sebesar 93,6% dan anemia sedang sampai berat sebesar
76,3% * *
Keberhasilannya berkurang karena pekerja di lapangan
tidak mengikuti prosedur yang ada |
Perubahan Hb dan Anemia
Terkontrol
Pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) sesuai dengan
rekomendasi WHO/UNICEF/INACG selama 8 minggu dan lebih dari
51% anak-anak penderita anemia sedang sampai berat yang beresiko
tinggi terkena malaria dan kekurangan kalori protein telah
berkurang setengah.
Dengan pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) kepada
anak-anak yang menderita anemia kronis yang disebabkan berbagai
faktor selama musim penyebaran malaria, yang tinggi telah
mengurangi tingkat anemia sedang sampai berat hingga 27,9%.
Ini menunjukkan sangat diperlukan kombinasi pemakaian Liqua
Health (makanan bergizi lengkap) dengan langkah-langkah pencegahan
malaria selama periode tinggi penyebaran malaria.
Resiko penderita anemia berat berkurang dengan memberikan
Liqua Health (makanan bergizi lengkap) selama musim penyebaran
malaria yang rendah.
Perubahan dari hubungan Hb dengan umur dari negatif menjadi
positif lemah setelah 28 minggu pemberian Liqua Health (makanan
bergizi lengkap) pada anak-anak penderita anemia menahun menegaskan
bahwa sebenarnya diperlukan periode yang lebih panjang untuk
pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) untuk menormalkan
pembentukan sel darah hingga normal seperti yang disarankan
WHO/UNICEF/INACG. Juga dinyatakan perlunya memajukan usia
pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) lebih awal
dari usia 6 bulan menjadi usia 4 bulan.
Liqua Health Re-Vita dibagikan kepada
para peserta penelitian di Institut penelitia KEMRI,
Kenya. |
Dr. Kenneth Kuanda - Mantan Presiden
Zambia, bersama dengan (dr kiri ke kanan) Dr. John
Malliris - Perwakilan Re-Vita, Bob Weatherly - Presiden/Pendiri
Re-Vita, Dr. Davy Keoch, Dr. Phoebe Josiah, Mr. Dunstan
Ngumo - Deputi Direktur KEMRI. |
Mengontrol Kekurangan
Vitamin A (VAD = Vitamin A Deficiency)
Pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) selama 28
minggu menurunkan tingkat kekurangan Vitamin A (VAD) lebih
dari 48% dan meningkatkan penyerapan Vitamin A yang rendah
pada hati lebih dari 45%. Ini membuktikan pengubahan Carotene
menjadi Vitamin A lebih tinggi dari Spirulina di Liqua Health
(makanan bergizi lengkap).
Tidak ada pembuktian terjadinya kasus kelebihan Vitamin A
(Hypervitaminosis A) setelah mengkonsumsi Liqua Health (makanan
bergizi lengkap) selama 28 minggu, dengan atau tanpa pemberian
Vitamin A berdosis tinggi. Ini sesuai dengan pengubahan B-Carotene
yang diatur secara fisiologis untuk memenuhi kebutuhan tubuh
serta menghilangkan resiko kelebihan.
Pertumbuhan Fisik
Meskipun mengalami kekurangan makanan yang terus menerus,
dengan pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) khususnya
dikombinasikan dengan Vitamin A berpotensi untuk memperbaiki
pertumbuhan. Konsumsi protein dan kalori yang tidak mencukupi
pada sejumlah subjek penelitian, dapat menghalangi kesimpulan
yang pasti dari hipotesa bahwa pemberian Liqua Health (makanan
bergizi lengkap) mempercepat laju pertumbuhan tubuh dan meningkatkan
berat badan yang kurang pada anak-anak yang mudah terserang
penyakit karena asupan kalori dan protein yang kurang.

» Dalam suatu penelitian terpisah,
Stella, seorang wanita berusia 27 tahun penderita AIDS,
telah diberi Liqua Health (makanan bergizi lengkap).
Dalam waktu 6 bulan Liqua Health (makanan bergizi lengkap)
Re-Vita telah membuat virus HIV (Human Immunodeficency
Virus) tidak terdeteksi lagi. Berita ini sungguh menggembirakan.
Kami tahu bahwa kami memiliki produk yang luar biasa,
dan sekarang kami mempunyai bukti dari hasil pengujian
medis ini. « |
Dr. Kenneth Kuanda, saat berada di
fasilitas laboratorium pada Pusat Penelitian Ramuan
Tradisional dan Obat-obatan, KEMRI, bersama dengan
Dr. John Malliris dari Re-Vita dan Dr. Kofi Tsekpo,
Asisten Direktur Komunikasi KEMRI. |
Dr. John Malliris |
Menurut Dr. John Malliris:
"Stella diberikan 6 sachet per hari selama seminggu,
4 sachet per hari selama 2 minggu dan 3 sachet per hari sampai
sekarang. Hasilnya menunjukkan jumlah virus menurun dari 1,6
juta (9 bulan yang lalu), menjadi kurang dari 100 dalam bulan
Pebruari 2003. Stella dimonitor setiap 3 bulan disebuah rumah
sakit lokal." "Ini menunjukkan bahwa
meskipun Stella belum sembuh, tapi jumlah virus telah menurun
sampai batas dimana semua gejala-gejala penyakitnya telah
hilang." "Karena ini hanya satu kasus,
sehingga belum dapat diambil kesimpulan. Dari kasus ini, wanita
berusia 27 tahun yang terinfeksi HIV/AIDS membuktikan bahwa
pemberian Liqua Health (makanan bergizi lengkap) dapat meningkatkan
sistem kekebalan tubuh sehingga meminimalkan gejala penyakit
serta meningkatkan kualitas hidup dengan cara mengembalikan
tenaga, nafsu makan dan kegiatan sehari-hari." |